Friday, April 22, 2011

SUARA SEORANG ANAK 14 TAHUN YANG BELUM PASTI DIDENGAR

Ini bukannya mau jelek-jelekin, nuduh, atau tindakan-tindakan lainnya yang intinya menghina.
Ini cuma suaraku, seorang anak berusia 14tahun, yang belum pasti orang-orang mau mendengar dan membaca postingan di blognya.

Kali ini aku mau ngomong tentang maraknya wabah "BOY&GIRLBAND DI INDONESIA"
Boy/girlband di Indonesia emang udah dari dulu ada. Misal nih, yang aku tau sih cuma Kahitna. Eh, itu BB bukan ya? Hehe cuma denger-denger aja... lainnya aku kurang tau. Tentang GB Indo yang jaman dulu aku juga kurang tau sih, tau orang-orangnya tapi aku gak tau nama GBnya apa.
Yapp, dan belakangan ini, muncul (lumayan) banyak GB dan BB di Indo. Yang pertama booming sih, SMASH.

Pertama kali aku liat mereka itu waktu aku lagi liat Global TV, tepatnya MTV. MTV ALAY. Waktu itu aku liat ada BB namanya SMASH, diputerin MV-nya yang "I HEART YOU". Kesan pertamaku sih : bikin ngakak, plagiat. Jujur...
Dalem hati aku langsung mbatin "lho? Ini kok kayak BB Korea ya? Style-nya, gaya-gayanya... itu openingnya juga kayak Baby-nya JB" maaf ya yang SMASHBLAST, ini sekedar suaraku kok.

Dan baru-baru ini di TransTV ada drama-drama gitu judulnya "GO GO GIRLS". Sejenak sih aku mikir, "kok nyrempet-nyrempet Girls Generation ya? Sama-sama G-G gitu soalnya". Dan waktu aku cerita ke temen-temen, ada temen yang bilang kalo nama GB-nya tu 7ICON. Gak tau nih penulisannya bener apa enggak, soalnya aku cuma denger-denger dari temen, blm pernah nge-search di internet, atau liat mereka show di TV.
Dan kedua GB serta BB tersebut sama-sama membintangi sebuah Drama di TransTV.

Mulai dari SMASH dulu ya.
Judulnya Cinta Cenat Cenut. Pertama kali sih aku penasaran banget dan bela-belain buat nonton. Tapi... sekali nonton aku langsung gak tertarik. Bosen.
Ceritanya tu mirip kayak BBF sama Prindess Hours. Asli. Muali saat itu aku udah gak tertarik lagi sih liat CCC.

Lanjut ke 7ICON.
Udah aku bilang di atas kan judulnya "Go Go Girls"? Dan biasa disingkat "GGG"
Kesan pertama liat sih... aku liat (mungkin) pemeran utamanya-namanya Lingzy kalo gak salah-aktingnya wagu. Maaf ya, ini cuma pendapatku. Kesannya tu digawe-gawe. Dan sok imut. Serius.
Oiya, aku baru inget, ini GB nyrempet-nyrempet 2NE1! Ada personilnya yang namanya tu cuma 2 huruf. Aku gak tau siapa, gak nggatekke. Nah, kayak namanya CL! Dan gaya-gayanya juga mirip-mirip gitu. Tapi (maaf) gak ndadi.

Jadi pendapatku sih gini, fair-fair aja kalo Indo mau bikin BB atau GB. Gak masalah. Bagus malah, ada selingan di antara band-band sama penyanyi solo yang udah bejibun. Dan kalo Indo mau bikin GB atau BB itu gak berarti plagiat kok.
Yang plagiat itu style-stylenya. Itu yang kayak GB-BB Korea. Bisa kan kalo mereka bikin style sendiri kalo gak mau dibilang plagiat? Bisa kan? Itu malah bagus kali. Punya ciri khas sendiri.
Dan drama-drama yang mereka bintangi. Terutama CCC, menurutku itu ceritanya agak plagiat. Gakpapa kok kalo mau bikin drama-drama kayak yang di Korea gitu. Tapi bisa kan ceritanya di-keratif-in? Malah nanti kita lebih bangga dong kalo punya BB atau GB beserta drama-drama mereka yang MURNI dari ke-kreatifitasan orang Indo sendiri?
Gakpapa sih kalo mau mlagiat, mm mungkin bahasa halusnya "menurukan" saja...
Gakpapa sih kalo niru yang Korea-Korea gitu. Gpp kok kalo saking ngefansnya sampe niru. Nanti bisa ditambahin juga kalo ngomong sama pers "Saya ngefans banget sama GB/BB Korea yang nananina, dan saya juga suka dramanya. Makanya saya mau bikin versi Indonesianya, saking saya nge-fans" gitu malah gak menimbulkan kontroversi kan? Enak kan? Gitu aja sh menurutku.
Intinya... bagus kalo Indo mau bikin sesuatu yang baru kayak BB misalnya. Tapi, mereka juga harus bikin ciri khas buat BBnya sendiri, jangan cuma mengikuti yang sudah ada. Gak kreatif dan malah nanti dikata-kata PLAGIAT segala.

Sekali lagi, ini cuma pendapatku. Apa yang aku rasain. Aku gak maksud ngatain segala macem. Tapi ini kenyataan kan? Bagus kalo ada yang mau denger dan merespon. Kalo ada yang mau protes plus ngatain aku cuma bisanya ngritik doang juga gapapa. Tiap orang punya pandanagn masing-masing kan?

2 comments:

  1. WOOHOOOO SETUJU!
    dari dulu aku mikir kayak gini (ngaku ngaku wkwkwkw)
    ada kan dulu BB tapi udah jaman baheula, yah ngikutin BB barat kalau dulu mah (macem Backstreet Boys, Westlife dll gitu)
    kalau sekarang demamnya condong ke K-Pop .____. terus kemarin juga aku nonton videoklipnya 7ICON yang Playboy kan, itu beneran (maap) kostumnya... norak. nggak ndadi. maunya ikut style sana tapi malah kesannya mendes gitu --

    ReplyDelete
  2. Woyooo mbak Aufa merespon~o~
    kok menurutku MVnya 7ICON yg playboy itu backgroundnya agak nyrempet2 SNSD yg Hoot ya mbak? :? Iya gak sih mbak? Soalnya aku cm liat dikit wkwk:B

    ReplyDelete